Cari Blog Ini

Minggu, 15 April 2012

Nasi Bento

'BENTO' makan siang Komang Jepang


Saat jam istirahat makan siang di tempat kerja, Komang Jepang makan bekal makan siang yg disebut 'BENTO'. Semacam 'Nasi Campur' tapi cara penyajiannya di-pisah2 bukan dicampur. Bentuknya macam2. Biasanya 'bento' dari 'BENTOYA-SAN' (=perusahaan Jasa Catering). Tapi ada pula yg membeli 'bento' di "KONBINI' (=Convinience Store/Mini Market Jepang), semacam 'Nasi Bungkus' tapi dibungkus plastik bukan daun pisang. Ada juga yg membawa bekal 'bento' dari rumah dg makanan kesukaan yg dimasak sendiri.
Karena Komang Jepang tak mau repot dan ingin praktis, ia makan 'bento' dari Jasa Catering yg disiapkan perusahaan.  Murah, seharga 350 yen. Dan irit karena harganya tetap dan dibayar dari potongan gaji bulanan. 
Rasa makanannya tentu rasa 'Jepang'. Tidak seperti kalau bawa bekal dari rumah dg makanan enak kesukaan masing2. Tapi makanannya sehat dan bervariasi.  Terdiri dari nasi putih beras pulen Jepang, sayur, ikan, 'tsukemono' ('acar' ala Jepang), kacang2an, dan 'miso siru' (sup miso) hangat.  Dimakan dg sumpit.
Tapi tak masalah buat Komang Jepang karena ia 'anak kolong' terbiasa merantau hidup sederhana, bisa 'makan apa saja'. Karena bekerja berat, perut jadi amat lapar, makanan apapun jadi terasa enak. Apalagi dimakan diluar dibawah langit biru mirip 'piknik'. Apalagi kalau dimakan dg rasa syukur pada Sang Pencipta................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar