Cari Blog Ini

Sabtu, 11 Februari 2012

Mt. TAKAO : Gadis Gunung

YAMAGYAARU,  Drawing  60x40cm 2011  @  Nyoman Yudhanegara


Komang Jepang suka naik turun gunung.  Ia pernah ke puncak Gunung Agung di Bali, Gunung Bromo di Jawa dan puncak Gunung Rinjani di Lombok. Jadi di Tokyo pun ia naik2 gunung. Akhir2 ini ada trend baru di Tokyo.  Banyak gadis ramai2 naik gunung di akhir minggu.  Jadi bukan je je es shopping fashion ngerumpi di mall Harajuku, tapi ke luar kota hiking mendaki gunung sekitar Tokyo. 
Mereka disebut YAMAGYAARU (Yama Girl = Gadis Gunung).  Namanya gadis Tokyo maka waktu naik gunung pun mereka mikirin fashion dan aksesori hiking  yg trendi punya.  Komang Jepang pun jadi lebih rajin mendaki gunung sambil nonton YAMAGYAARU yg manis2 fashionable itu.


                                   
                 

Baru2 ini ia hiking ke gunung TAKAO (Mt.Takao).  1, 5 jam dg sepeda motor dari kota Tokyo ke arah kota kecil HACHIOJI.   Mt. Takao tidak tinggi (Elev.600m) tapi cantik sejuk dg hutan hijau, sungai2 kecil, air terjun, flora dan fauna. Terletak dlm Taman Nasional Takao (Meiji No Mori Quasi Takao National Park). Ada 8 rute pendakian dg pemandangan alam yg berbeda.
Sama seperti di Bali, di Jepang semua gunung disucikan. Selalu ada Kuil Shinto Buddha di kaki gunung.  Jadi sebelum naik mendaki, Komang Jepang mesti sembahyang di kuil dulu minta permisi pada 'penunggu' gunung agar selamat tidak kualat. 
Mt.Takao Tidak jauh dari kota Tokyo, sehingga banyak dikunjungi penduduk kota Tokyo yg bosan suasana kota (2,5 juta orang/tahun) .  Termasuk 'yamagyaaru' gadis2 gunung............. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar